Jumat, 19 Desember 2008

The Last Supper

. Jumat, 19 Desember 2008



Ada sebuah kisah menarik tentang bagaimana Leonardo da Vinci melukis The Last Supper, yaitu mengenai model lukisannya.

Leonardo memutuskan untuk menggambar figur Yesus terlebih dahulu. Untuk itu ia memerlukan model pemuda dengan wajah elok dan kepribadian yang mencerminkan tanpa dosa, bebas dari guratan dosa. Setelah berminggu-minggu mencari dan menolak ratusan pemuda, akhirnya Leonardo menemukannya saat ia menghadiri misa di Katedral Milan. Penyanyi koor gereja Pietri Bandinelli yang berusia 19 tahun ditetapkan sebagai model figur Yesus. Pemuda ini dinilai Leonardo memancarkan cinta kasih, kelembutan, kepedulian dan polos.

Selama 6 bulan Leonardo sibuk mengerjakan lukisan tokoh utamanya. Enam tahun berikutnya, ia melanjutkan karya seni tersebut. Satu demi satu model yang cocok dipilih untuk mewakili masing-masing pribadi dari ke-12 murid Yesus. Namun tidak ada model yang cocok untuk Yudas Iskariot (murid Yesus yang berkhianat). Leonardo menginginkan seorang pria dengan wajah yang penuh dengan keputusasaan, ketamakan, kelicikan, kemunafikan, dan dosa. Sepuluh tahun setelah memulai melukis, akhirnya ia menemukan model terakhirnya di penjara Roma, seorang narapidana terhukum mati karena kasus pembunuhan dan kejahatan.

Leonardo bekerja dengan tergesa-gesa selama beberapa hari hingga kemudian ia menyadari perubahan yang terjadi pada modelnya. Wajahnya mulai tegang dan matanya memancarkan horor. Merasa terganggu, Leonardo menghentikan kegiatannya dan bertanya, “Apa yang membuatmu begitu terganggu?”

Sang pria menutupi wajahnya dengan kedua tangannya dan menangis tersedu-sedu. Setelah beberapa saat ia menjawab, “Tidakkah Anda mengingat saya? Bertahun-tahun yang lalu saya ada di studio ini. Sayalah sang Yesus di lukisan Anda.”

Adopted from Magacinema

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Pelipur Lara untuk Rihlatulillah

 

ClusterMaps

BOYCOTT ISRAEL

E-Book Rihlatulillah

E-Book Rihlatulillah
dokter.monte@gmail.com
www.meditasimendoan.co.cc is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com