Jumat, 03 April 2009

JANJI-JANJI PARA PENGHUNI NERAKA

. Jumat, 03 April 2009


JANJI-JANJI PARA PENGHUNI NERAKA


Ketika para penghuni neraka sudah menempati tempatnya, mereka mengalami penyesalan yang luar biasa. Mereka memohon kepada Allah untuk dikembalikan ke dunia dengan janji-janji akan melakukan segala sesuatu yang di perintahkan- Nya, janji-janji mereka diantaranya:

1.Akan Melakukan Amal Saleh

Mereka berjanji akan melakukan amal saleh bila diberi kesempatan untuk hidup kembali, sebagaimana yang diungkapkan dalam QS As-Sajdah ayat 12:
`Dan (alangkah ngerinya), jika sekiranya kamu melihat ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya dihadapan Tuhannya, (mereka berkata): "Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal saleh, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang yakin"'

Permohonan tersebut dijawab oleh Allah dalam QS As-Sajdah ayat 13-14:
`Dan kalau Kami menghendaki niscaya Kami akan berikan kepada tiap-tiap jiwa petunjuk (bagi)nya, akan tetapi telah tetaplah perkataan (ketetapan dari-Ku): "Sesungguhnya akan Aku penuhi neraka Jahannam itu dengan jin dan manusia bersama-sama. Maka rasakanlah olehmu (siksa ini) disebabkan kamu melupakan akan pertemuan dengan harimu ini (hari Kiamat); sesungguhnya Kami telah melupakan kamu (pula) dan rasakanlah siksa yang kekal, disebabkan apa yang selalu kamu kerjakan"'
2. Akan Mengamalkan Kitabbullah dan Sunah Rasul

Setelah merasakan dasyatnya siksa neraka mereka berjanji akan mengamalkan apa yang diperintah dalam kitabullah dan mengikuti anjuran rasul-Nya, sebagaimana yang tercantum dalam QS Ibrahim ayat 44:
`Dan berikanlah peringatan kepada manusia terhadap hari (yang pada hari itu) datang azab kepada mereka, maka berkatalah orang-orang yang zalim: "Ya Tuhan kami, beri tangguhlah kami (kembalikanlah kami ke dunia) walaupun dalam waktu yang sedikit, niscaya kami akan mematuhi seruan Engkau dan akan mengikuti rasul-rasul…"

Dijawab oleh Allah dalam QS Ibarahim ayat 44-45:
`(Kepada mereka dikatakan):" Bukankah kamu telah bersumpah dahulu (di dunia) bahwa sekali-kali kamu tidak akan binasa?, dan kamu telah berdiam di tempat-tempat kediaman orang-orang yang menganiaya diri mereka sendiri, dan telah nyata bagimu bagaimana Kami telah berbuat terhadap mereka dan telah Kami berikan kepadamu beberapa perumpamaan" '

3. Akan Berbuat Kebaikan

Mereka berteriak saat merasakan siksaan neraka dan berjanji akan melakukan perbuatan baik, sebagaimana yang ditulis dalam QS Faathir ayat 37:
"Dan mereka berteriak di dalam neraka itu: "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan berbuat kebaikan berlainan dengan yang telah kami perbuat".

Yang dijawab oleh Allah dalam ayat yang sama:
`Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang-orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan? Maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun. '

4. Akan Meninggalkan Perbuatan Jahat

Janji mereka bila dikembalikan ke dunia adalah akan meninggalkan kejahatan yang telah dilakukannya selama di dunia, seperti yang ada dalam QS Al-Mu'minuun ayat 106-107
`Mereka berkata: "Ya Tuhan kami, kami telah dikuasai oleh kejahatan kami, dan adalah kami orang-orang yang sesat. Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami daripadanya (dan kembalikanlah kami ke dunia), maka jika kami kembali (juga kepada kekafiran), sesungguhnya kami adalah orang-orang zalim"

Kemudian dijawab oleh Allah dalam QS Al-Mu'minuun ayat 108-110:
`Allah berfirman: Tinggallah dengan hina di dalamnya, dan janganlah kamu berbicara dengan Aku. Sesungguhnya, ada golongan dari hamba-hamba- Ku berdo'a ( di dunia): "Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat yang paling Baik. Lalu kamu menjadikan mereka buah ejekan, sehingga (kesibukan) kamu mengejek mereka, menjadikan kamu lupa mengingat Aku, dan adalah kamu selalu menertawakan mereka."'

Setelah permohonan terakhir mereka. Janji, permohonan dan jeritan para penghuni neraka tidak didengar lagi oleh Allah, dan mereka berada di dalamnya dengan penuh keputus asaan yang tidak ada manfaatnya lagi.

Apakah kita akan berjanji seperti di atas, setelah kita menjadi salah seorang diantara mereka dan menyaksikan dasyatnya api neraka dengan ainul yakin?
Ya Allah lindungilah kami dari api neraka-Mu dan jauhkanlah kami di dunia ini dari sifat dan perbuatan penduduk ahli neraka, Amin.

sudutpandang 2.blogspot. com

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Pelipur Lara untuk Rihlatulillah

 

ClusterMaps

BOYCOTT ISRAEL

E-Book Rihlatulillah

E-Book Rihlatulillah
dokter.monte@gmail.com
www.meditasimendoan.co.cc is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com